Posts

Showing posts from 2019

Resep membuat kue gandos dari jawa timur

Image
Kue Gandos Hai, Assalamu'alaikum gaes. Tahukah kamu makanan gandos dari jawa timur ini??? Iyaa.... Sebut saja kue yang satu ini adalah gandos. Karena memang itu nama sebutan dari kue ini. Orang Jawa timur menyebutnya kue gandos. Penasaran dari bahan apa kue gandos ini dibuat??? Penasaran bagaimana cara membuat kue gandos dari jawa timur ini???? Yuk,simak terus artikel ini sampai habis ya gaes!!! Gandos adalah salah satu makanan khas dari daerah Jawa timur gaes. Gandos ini bahan dasar pembuatannya adalah dari bahan tepung beras ketan putih atau hitam. Dan cara mengolahnya sangat gampang banget gaes. Hanya tinggal ditambah dengan sedikit bahan lainnya dicampur dan kemudian digoreng. Nah.... Sudah kebayang dong cara membuat kue gandos ini???!!! Oke. Lanjut gaes.... Mampir: Resep Membuat kue lapis Untuk membuat kue gandos anda harus menyiapkan bahan bahan sebagai berikut: Tepung beras ketan putih 250 gram Kelapa agak muda parut (bersihin kulit arinya) 1 buah yang kecil ya...

Resep membuat empek-empek Palembang tanpa ikan hanya pakai telur ayam saja

Hai, semua... Assalamu'alaikum. Resep Membuat Empek-empek Palembang Tanpa Ikan dan hanya pakai telur adalah judul dari postingan artikel terbaru kali ini. Aku bukan pecinta makanan Empek-empek Palembang akan tetapi aku hanya sekedar ingin makan jajanan masakan Indonesia saja. Makanan Empek-empek Palembang adalah salah satu dari sekian banyak menu makanan yang ada di Nusantara ini. Dari Sabang sampai ujung Aceh sudah tersebar penjual Empek-empek Palembang ini oleh pedagang kaki lima yang dorong gerobak sampai mangkal di pinggir jalan,dari warung kecil sampai lestoran sudah banyak yang menjual menu makanan Empek-empek Palembang ini. Nah, untuk mengobati rasa penasaran aku terhadap makanan Empek-empek Palembang ini,aku mencoba membuat masakan Empek-empek Palembang ini sendiri di rumah gaes. Rasanya lumayan teksturnya juga lumayan laaahhh.... hihihi.... Dan bagi kalian gaes yang kepingin alias penasaran bagaimana cara membuat Empek-empek Palembang ini silahkan ikuti petunjuk di ba

Gulai kambing

Image
Assalamu'alaikum. Aku Kembali lagi dengan Postingan artikel terbaru kali ini adalah berjudul GULAI KAMBING. Anda sudah pernah memakan masakan gulai daging kambing bukan??? Sudah dong pastinya. Yuk, kita intip resep membuat gulai kambing lezat ini gaes! Let's go gaes!!! Gulai daging kambing Alhamdulillah aku selesai memasak gulai daging kambing gaes. Rasanya... Eemmm.... Enak. Mak nnnyooosss..... Yang gak percaya boleh dicoba resep membuat gulai kambing lezat ini gaes. Dan cobain deh gimana hasil dari praktek memasak kamu. Testing testing rasa, kalau kurang garam boleh ditambah garam secukupnya menurut selera anda. Gimana??? Beranikah Anda mencoba resep dari resep dapure Susana??? Yuk intip resepnya... Lanjut bacanya ya.... Mampir:  resep membuat keripik pisang gurih dan manis Bahan untuk membuat masakan gulai kambing lezat adalah: 1 /2  Daging kambing  dan sedikit tulangnya  1 butir kelapa jadikan 500 ml  santan kental Garam 2 sendok makan Penyedap masak

Cara Membuat Sambal Pecel Ala Jawa Timuran

Image
Assalamu'alaikum sahabat. Pernahkah Anda menyantap makanan yang bernama pecel? Ya... Makanan khas daerah Jawa timur ini sangat terkenal dan bumming. Belum bisa membuat sambal pecel ala Madiun Jawa timur? Cek resep cara membuat sambal pecel dibawah ini! Di zaman sekarang sudah banyak beredar salah satu makanan khas Indonesia yang asalnya dari Jawa timur ini di seluruh pelosok tanah air Indonesia ini. Yaitu pecel. Sambal pecel atau sambel pecel banyak dijumpai di Jawa timur. Makanan ini adalah santapan setiap hari tiap pagi hari dan siang hari. Kalau dikampung saya nasi pecel adalah khas makanan untuk sarapan pagi di pagi hari. Di Jakarta sudah banyak yang berjualan pecel. Ada yang ngider alias keliling,ada juga yang mangkal dipasar tradisional. Ada juga yang berjualan mangkal di perempatan dan juga warung warung tradisional. Bahkan aku pernah mampir di salah satu lestoran yang ada di Jakarta yang salah satunya adalah menyediakan menu lontong pecel dan nasi pecel tetapi ter

Resep Membuat Keripik Pisang Gurih dan Manis

Assalamu'alaikum sahabat. Artikel yang ini berjudul Resep membuat kripik pisang gurih dan manis. Dan bahan dasar yang digunakan adalah buah pisang raja yang tua tetapi belum masak atau belum matang. Bagaimana cara bikin keripik pisang raja ini? Yuk, ikuti terus artikel ini sampai selesai ya gaes... Let's go!!! Baca juga:  cara membuat kue gandos Jawa timur Terkadang  ada lho orang yang tidak doyan makan buah pisang alias geli katanya. Padahal buah pisang banyak sekali lho zat gizi yang terkandung di dalamnya. Apalagi kalau buah pisang itu adalah pisang raja. Vitamin yang terdapat pada buah pisang tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita gaes. Lihat zat gizi yang terkandung dalam buah pisang raja berikut ini: Mengandung vitamin C Mengandung serat Mengandung antioksidan Mengandung potasium Mengandung magnesium Dan lainnya Tapi bagi kalian yang tidak suka makan buah pisang alias geli, sekarang jangan khawatir ya gaes.... Karena ada solusinya.. yaitu konsumsi saja keripik pisan

KUE LAPIS PELANGI SIMPEL BAHANNYA DARI TEPUNG BERAS DAN TEPUNG KANJI

Assalamu'alaikum sahabat. Artikel yang ini berjudul kue lapis pelangi simpel bahannya dari tepung beras dan kanji. Dan bahan utama kue lapis pelangi ini adalah dari tepung beras dan kanji. Yuk, langsung saja ikuti artikel ini sampai habis! Let's go! Untuk postingan artikel kali ini aku masih akan memberikan resep membuat kue lapis pelangi yang bahan dasarnya adalah tepung beras dan kanji. Dan artikel yang lalu aku memposting membuat resep membuat kue lapis pelangi yang bahan dasarnya sama yaitu tepung beras tetapi menggunakan terlalu banyak bahan tambahan yang lainnya. Dan sekarang ada cara yang lebih simpel alias gak ribet. Langsung saja yuk! Bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis pelangi simpel bahannya adalah sebagai berikut: 150 gram Tepung beras 120 gram Tepung tapioka atau tepung kanji 1/2 sdt Garam 150 Gula pasir 2  saset Santan kemasan kecil 500 ml air Cara membuat kue lapis pelangi simpel adalah sebagai berikut: Pertama, masak santan dan air

Resep membuat kue lapis pelangi

Image
Kue Lapis Pelangi Baca: Resep membuat puding sedot Assalamu'alaikum sahabat. Artikel yang ini berjudul Resep membuat kue lapis pelangi. Dan bahan kue lapis pelangi ini adalah dari tepung beras. Penasaran bagaimana cara membuat kue basah yang berbahan dasar beras ini??? Yuk, ikuti terus artikel ini sampai selesai ya.... Let's go!!! Makanan berbahan dasar tepung beras sangat banyak macam dan ragamnya. Tebing beras dapat digunakan untuk membuat bubur sumsum ,kue talam, nogosari atau nagasari ,putu,kue lapis pelangi, aneka macam rasa peyek atau rempeyek ,dan lain sebagainya. Untuk postingan artikel kali ini aku akan memberikan resep membuat kue lapis pelangi yang bahan dasarnya adalah tepung beras. Dan sebelum membuat kue basah ini yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis ini. Apa saja bahan kue lapis pelangi? Lihatlah dibawah ini! Bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis pelangi adalah sebagai berikut:

Resep membuat kue bakpia isi kacang hijau

Assalamu'alaikum sahabat. Bagaimana kabarnya? Semoga semua sehat serta baik baik saja ya... Amin. Dan postingan artikel terbaru aku kali ini adalah Resep Membuat kue bakpia. Dan resep bakpia kali ini adalah bakpia isi kacang hijau yang lembut dan yummy. Penasaran bagaimana cara membuat bakpia kali ini? Ikuti terus artikel ini sampai selesai ya sahabat! Siippp!! Sebenarnya bakpia itu banyak sekali macam rasa dan adonan kuenya serta cara membuat kue bakpia ini berbeda beda. Tinggal kamu mau pilih dengan cara yang mana. Ada yang praktis dan simpel. Ada juga yang caranya sedikit ribet. Tapi rasanya tetap enak dan lembut lho sahabat Resep Dapure Susana.... Tetapi resep cara membuat bakpia yang akan aku bagikan kepada kalian ini adalah cara yang sederhana tapi mantap rasanya. Mau mencoba bikin bakpia? Ikuti resep membuat bakpia dibawah ini ya sahabat! Cekidot!!!! Sebelum kita membuat kue, yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan bahan yang diperlukan untuk membuat

Resep Membuat Keripik Ubi Jalar renyah dan gurih

Assalamu'alaikum.... Apa kabar semua? Alhamdulillah semoga semua dalam keadaan baik baik saja ya...Dan postingan artikel terbaru kali ini adalah Resep Membuat keripik ubi jalar renyah. Mau mencoba untuk membuat keripik ubi jalar renyah ini? Makanya... Ikuti terus artikel ini sampai habis ya gais, dan dapatkan resep membuat keripik ini,GRATIS! Hehehe!!! Ternyata membuat keripik ubi itu susah susah gampang lho ... Kalau sudah biasa membuat keripik ubi jalar ini memang sangat mudah, tapi bagi orang awam yang belum pernah membuat camilan keripik ubi jalar terasa sangat susah membuat keripik ubi jalar yang garing dan renyah, gais. Akan tetapi aku akan membocorkan rahasia dari membuat keripik ini supaya hasilnya garing dan renyah. Dan yang utama adalah tidak mudah melempem alias tidak keriuk keriuk lagi gais. Apa saja yang harus disiapkan ketika Anda akan memasak camilan keripik ubi jalar ini, gais? Yaitu anda harus menyiapkan bahan bahan sebagai berikut gais: Bahan: Ubi jalar 1

Resep Membuat Kerupuk Gendar atau Kerupuk Nasi

Assalamu'akaikum warahmatullahi  wa barakatuh. Hello teman. Resep Membuat Kerupuk Gendar atau Kerupuk Nasi adalah judul dari postingan artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang berkunjung dan membaca artikel ini. Yuk, ikutin terus artikel ini sampai selesai! Let's go friends!!!! Kerupuk gendar. Atau sering disebut kerupuk nasi adalah sebuah camilan makanan yang terbuat dari nasi sebagai bahan utamanya.  Kerupuk nasi atau kerupuk gendar ini adalah sangat mudah untuk membuatnya. Apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui bagaimana cara membuat kerupuk gendar ini? Baca sampai selesai artikel ini dan dapatkan resepnya. Bahan untuk membuat kerupuk gendar adalah: Nasi 2 piring Garam Obat nasi atau bleng ( lebar 1 cm x 2 cm ) Minyak sayur 500 ml Bahan bumbu halus adalah: Bawang putih 2 siung Ketumbar 1 atau 2 sendok teh Cara membuat kerupuk gendar adalah sebagai berikut: Pertama, panaskan dandang dengan api sedang Kemudian masukan nasi keda

CARA MEMBUAT RENGGINANG SENDIRI DIRUMAH

Image
Assalamu'alaikum... Resep kali ini adalah CARA MEMBUAT RENGGINANG SENDIRI DIRUMAH. Hayo.... penasaran kah anda???? Oke. Ikuti terus artikel ini sampai selesai ya teman teman! Let's go!!! Rengginang mentah Bahan utama untuk membuat RENGGINANG adalah beras ketan. Dan beras ketan ada dua macam yaitu beras ketan hitam dan beras ketan putih. Kedua duanya sangat bergizi tinggi dan bagus untuk dikonsumsi tetapi harga beras ketan ini termasuk mahal itu bagi ukuran aku ya teman. Makanya aku belum tentu setiap bulan berbelanja beras ketan.  Baca:   Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan   Beras ketan hitam ini sering kali dipakai untuk membuat makanan camilan seperti tape ketan hitam, rengginang, olahan ketan hitam dengan ditabur parutan kelapa yang sudah dikukus atau diparut begitu saja. Bisa juga dibikin "uli" atau bahasa jawanya "jadah". Kerupuk ketan dan lain sebagainya. Dan untuk artikel terbaru ini aku akan membahas ketan hitam sebagai baha

TUMIS KANGKUNG SEDERHANA

Image
Assalamu'alaikum sahabat. Jumpa lagi di RESEP DAPURE SUSANA dan postingan artikel terbaru kali ini adalah TUMIS KANGKUNG SEDERHANA . Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar memasak. Oke. Ikuti terus artikel ini sampai selesai ya sahabat semua! Tumis kangkung sederhana Resep tumis kangkung kali ini sangat sederhana dan simpel. Sebelum memasak yuk siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat masakan tumis kangkung ini. Cekidot!!! Bahan bahan untuk membuat tumis kangkung adalah sebagai berikut: 1 ikat kangkung, potong potong kangkung kemudian cuci bersih dan tiriskan 2 buah sosis iris serong Minyak sayur secukupnya untuk menumis Garam 1/2 sendok teh Kecap manis 2 sendok makan Penyedap masakan 1/4 sendok teh bila suka Daun salam 2 lembar Laos 1 ruas jari geprek Bumbu iris untuk masakan tumis kangkung adalah: Cabai rawit merah 3 buah Cabai merah keriting 2 buah Bawang bombai 1/4 buah Bawang putih 1 siung Bawang merah 5 siung Tomat 1/2 buah

Membuat Minuman Lemon Tea Magic

Assalamu'alaikum.... Hai teman-teman apa kabar hari ini? Cuaca bulan Agustus seperti saat ini sangat panas sekali. Maunya minum terus dan terus. Sesudah minum pingin pipis, hihihi.... Tapi tetap harus minum lagi supaya tidak dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Nah, ngomong ngomong masalah minum, kali ini aku akan memberikan resep cara membuat minuman yang sangat segar dan menyegarkan. Apa nama minuman tersebut? Namanya adalah Lemon Tea Magic Ice Cara membuat  minuman lemon Tea magic ice ini sangat gampang dan bisa dinikmati oleh semua orang.  Bisa anak-anak, bapak,ibu,Tante,om, pacar kamu.... hihihi...dan juga teman-teman kamu. Pokoknya semua dapat menikmati minuman menyegarkan tenggorokan kamu ini bersama siapapun. Tak terkecuali mertua kamu atau calon mertua kamu, hihihi...😁 Dan pastinya kamu harus bikin minuman Lemon Tea magic ice ini sendiri dirumah kamu. Bisa dong????! Dan don't worry kawan... alias jangan kawatir. Karena Aku akan memberikan resep cara membua

Resep mie goreng ala rumahan

Image
Mie goreng ala rumahan Assalamu'alaikum sahabat. Sudah berapa lama ya...aku tidak posting artikel resep masakan?? Ada yang mengetahui hal ini? Satu bulan full ya.... Nah untuk mengobati rasa kangen, kali ini aku akan memberikan resep masakan yang sederhana tapi  rasanya  mantap gaes! Yaitu Resep Mie Goreng ala Rumahan ya sahabat. Baca:  sayur menir ala jawa timur Mie goreng ala rumahan ini dapat kalian santap di pagi hari atau di siang hari. Dan dimalam hari pun bisa kalian konsumsi lho sahabat. Sahabat bisa memakan mie ala rumahan ini dengan sedikit nasi atau dapat disantap begitu saja... pastinya dengan tambahan telur dadar dan kerupuk biar tambah keriuk keriuk asyik gitu gaes. Hehehe...  Penasaran bagaimana cara membuat mie goreng ala rumahan yang rasanya gak kalah enak lho sama mie goreng yang dijual si Abang Abang gerobak itu gaes. Silahkan dibaca ya... Resep mie goreng ala rumahan ada dibawah ini: RESEP MEMBUAT MIE GORENG ALA RUMAHAN BAHAN: Mie telur 1 l

Resep Membuat Keripik Tempe Renyah dan Garing

Assalamu'alaikum sahabat Resep Dapure Susana semuanya... Ketemu lagi di sini dengan artikel terbaru kali ini adalah Resep Membuat Keripik Tempe Renyah dan Garing. Sudah pernah makan keripik tempe bukan? Kira kira sahabat Resep Dapure Susana penasaran tidak ya bagaimana cara membuat keripik tempe ini? Mau tahu atau pingin tahu banget nich...?? Makanya baca terus artikel Resep Membuat keripik Tempe kali ini sampai selesai ya gais! Check it out! Tempe adalah salah satu lauk pauk yang murah, sederhana cara mengolahnya dan banyak banget macam rasa penyajiannya. Sejarah tempe ada di Indonesia adalah karena dibawa oleh para prajurit dari Jepang ke Indonesia. Dulu Indonesia dijajah teman teman tetapi sekarang dan semenjak tahun 1945 Indonesia sudah merdeka. Walaupun ada yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia dan dijajah oleh bangsa asing lagi pada setelah 1945 tetapi Alhamdulillah sampai sekarang negara kita ini  benar-benar telah merdeka. Oya, tempe ini adalah makanan favori

Resep Membuat Orek Tempe Pedas Manis

Image
Assalamu'alaikum. Artikel kali ini adalah membahas tentang Resep Membuat Orek Tempe Pedas Manis gais! Masakan kuliner sederhana tapi mantap rasanya....  Orek Tempe pedas manis Sukakah anda dengan makanan yang satu ini??? Orek tempe. Makanan atau lauk yang sederhana tapi mantap rasanya gais. Yaaa... Orek tempe ini sangat banyak dijumpai apabila Anda membeli makanan di warteg atau warung warung makan yang ada dipinggir jalan gais. Atau kalian bisa mendapatkan makanan orek tempe ini di warung nasi yang dekat dengan pabrik pabrik dikota kota besar. Harga terjangkau gais. Rasanya pun enak banget. Itu menurut pendapat aku ya gais... hihihi 😁... Maklumlah aku orang kampung yang suka banget dengan masakan yang satu ini yaitu Orek Tempe pedas manis gais. Baca juga:  manfaat jeruk nipis untuk kesehatan Ada suatu cerita gais, tentang kenapa aku sangat menyukai masakan yang berbahan dasar tempe ini. Dulu sewaktu aku masih kecil, masih sekolah di taman kanak-kanak, ibu