Posts

Showing posts from 2020

Kue jadul gaeess,sirpa. Begini cara buatnya...

Image
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Hai, sadayana.... Hihihi 😁 emmm πŸ™‚ aku orang Jawa lho gaeesss. Judul postingan kali ini adalah tentang kue jadul gaeess,kue sirpa. Begini cara bikinnya....πŸ˜„ EitsπŸ€” nanti dulu...buru buru amat. Baca artikel ini sampai selesai ya gaess. Hehehe πŸ˜€πŸ™‚ biar ga salah paham. Kue sirpa atau kembang gula kelapa Jika tertarik dengan tas cantik klik liiini ya.... Barang kali mau beli...πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ™‚ Tas wanita import murah Intermezo dulu ya gaes. Dulu... Sampai sekarang sih, hehehe πŸ˜πŸ™‚ setiap aku pulang kampung, pertama yang ingin aku beli adalah kue sirpa. Tahu dong pastinya yang aku maksud kue sirpa itu gaes. Ohh....ada yang belum tahu kue sirpa itu apa?! Itu lho gaes. Kue kelapa sisir. Kalo dijawa biasanya orang menyebutnya dengan sebutan kembang kelapa atau kembang gulo kelopo. Disebut kembang kelapa karena bentuknya seperti kembang gaes dan manis bila dimakan.  Baca juga:  Cara membuat kue bantal atau golang galing atau odading Warna kue kembang kelo

Cara membuat kue bantal atau golang galing atau odading

Image
 Assalamualaikum, hai semua.... Hari ini aku mau posting lagi nich! Yaitu tentang cara membuat kue bantal atau golang galing atau odading yang lagi trend dan viral saat ini. Mau resep kue odading yang lagi viral? Ikuti terus postingan ini dan dapatkan resepnya gratis..... hehehe πŸ˜€πŸ˜ Kue bantal atau golang galing Membuat kue bantal atau golang galing ini sangat mudah untuk ya... Dan caranya simpel. Bahannya pun tak banyak macam alias hanya sedikit macam saja.  Kue bantal juga disebut sebagai odading yaitu kue yang sedang trend saat ini. Banyak macam cara dan resep untuk membuat kue odading ini. Tetapi jika ada yang simple ngapain pilih yang ribet gaessss!??? Langsung aja yuk, kita siapkan bahan yang diperlukan untuk membuat kue bantal atau golang galing ini gaeeesss! Lihat resep dibawah ini gaeeesss!!!! Bahan: Tepung terigu protein sedang 250 gram Gula pasir 4 sdm Garam 1/4 sdt Susu cair 1saset  Fernipan 1 sdt Margarin 2 sdm Air 1/2 gelas atau secukupnya Kue golang galing Cara membuat

Cara membuat kue gendar

Image
  Kue gendar Hai, assalamualaikum..... Jumpa lagi di RESEP DAPURE SUSANA. Dan kali ini aku akan posting resep cara membuat kue gendar. Yang orang Jawa pastinya udah tahu dong,apa kue gendar ini??? Kue gendar adalah salah satu makanan khas orang Jawa juga yah... Camilan kue gendar ini terbuat dari nasi ya gaes. Cara bikinya gampang kok. Gak perlu ribet gaesss.... langsung aja ya gaess!!? Yuk, intip resep cara bikin gendar dibawah ini gaesss πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ™‚πŸ™ Pertama yuk gaes siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue gendar ini! Bahan: Nasi satu mangkok bakso munjung atau over full Obat nasi atau bleng(kata orang Jawa) Kelapa parut kukus yang sudah dicampur dan di tambah garam sejumput  Daun pisang Cara membuat kue gendar adalah sebagai berikut: Letakkan dandang di atas kompor api sedang Beri air 1 gayung Biarkan air mendidih dahulu Sambil menunggu air mendidih, lakukan pencampuran nasi,obat nasi dan air Aduk aduk sampai rata dan tidak ada yang menggumpal Setelah air mendidih masukkan

Resep kue cenil ubi jalar yummy

Image
  Cenil ubi jalar Hai, assalamualaikum semua... Hari ini aku bikin cenil gaess. Tahu dong makanan tradisional dari daerah Jawa ini gaesss?!!  Yaa.... Cenil adalah salah satu makanan khas Indonesia yang tak pernah lekang oleh waktu gaess. Cara bikin camilan cenil ini sangat mudah. Bahan camilan cenil ini pun juga gampang banget dicarinya. Penasaran gimana cara membuat cenil ubi jalar ini gaesss??? Ikuti terus membacanya ya supaya tidak gagal nanti. Capcuss  gooo!!! Cenil ubi jalar sangat lembut dan enak lho gaeesss. Bahan bisa didapat di pasar gaess. Pasar tradisional ada yang jual buanyaak lho pilihannya. Di pasar swalayan pun banyak macam macam warna dan varian ubi gaeesss. Dan bila malas ke pasar beli aja di kios pinggir jalan ubi Cilembu itu gaeesss, rasanya dah manis. Jadi tak perlu kasih tambahan gula atau garam lagi. Udah gak sabar ya.... Hehehe 😁 oke deh... Langsung saja yuk, kita siapkan bahan bahan yang harus di siapkan untuk membuat cenil ubi jalar ini! Langsung simak dibawa

Kue Kering Kulit Lumpia isi cokelat

Image
 Assalamualaikum gaeesss....πŸ™‚ Hari ini aku akan memposting artikel yang berjudul Kue Kering Kulit Lumpia isi coklat. Gimana gaeesss? Kira kira nich,bisa gak ya membuat kue kering kulit lumpia isi cokelat ini??? Hehehe...  caranya mudah kok gaess. Yuk, ikutin cara bikin kue kering kulit lumpia isi coklat ini gaesss!!!?  Kue kering kulit lumpia isi cokelat Cara membuat kue kering kulit lumpia isi coklat adalah sangat gampang banget dan mudah banget. Tetapi walaupun mudah dan gampang,gaes juga harus punya jiwa yang sabar ya gaes. Soalnya bikinya jelimet banget dan harus teliti hati hati gaes. Tapi don't worry ya.... So Simple! Yang pertama yuk, siapkan semua bahan dan alat yang harus gaes sediakan dan harus ada. Jadi gaes haruslah belanja dahulu bahan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kue kering ini gaesss. Apa saja sih bahannya? Dan apa alat yang digunakan? Oke gaesss. Simak selengkapnya dibawah ya! Bahan untuk membuat kue kering kulit lumpia isi coklat adalah: Kulit

Cara membuat keripik pangsit rasa jagung bakar instan

Image
Assalamu'alaikum bunda dan sahabat semua. Postingan kali ini adalah tentang cara membuat keripik kulit pangsit rasa jagung bakar instan. Cara membuat keripik kulit pangsit ini sangatlah mudah dan gampang banget. Untuk mendapatkan resep keripik pangsit ini lanjutkan terus membacanya ya bunda.... dan sahabat semua....πŸ˜ŠπŸ‘‰πŸ‘‡dan dapatkan resep camilan ini gratis!!! Hehehe  Baca:  cara membuat kue gandos Jawa timur Cara membuat cenil ubi jalar Sebelum memulai memasak... yuk, siapkan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat keripik kulit pangsit ini. Untuk itu, aku harus pergi ke pasar dahulu ya.... Untuk membeli beberapa bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat keripik kulit pangsit rasa jagung bakar instan. Yuk,bunda dan sahabat semua mampir dulu ke toko bahan keripik yg kita butuhkan.... Yang aku harus beli adalah sebagai berikut: Baca juga: kue kering kulit lumpia isi cokelat Keripik kulit pangsit Kulit pangsit 1 bungkus Minyak sayur 1 kg Bumbu instan rasa jagung bakar

Resep Sayur Ikan Bandeng Bumbu Daun Kemangi

Image
Assalamu'alaikum... Lama nich tak posting artikel rahasia dapur masakku.... Tapi kali ini aku bagiin rahasia memasak ikan bandeng yang lezat. Yaitu ikan bandeng yang berkuah santan yang aku berikan judul "Resep ikan bandeng bumbu daun kemangi" di artikel ini. Pergi ke pasar pagi-pagi dan pilih pilih ikan bandeng segar. Akhirnya dapat satu ekor ikan bandeng yang besar,berat ada sekitar setengah kilogram. Harga ikan bandeng tersebut sekitar 18.000 rupiah. Kemudian minta dibersihkan sekalian,buang sisiknya....dan potong potong jadi lima bagian. Kenapa sih kok dipotong potong sekalian??? Alasannya karena dirumah gak ada pisau besar. Hehehe...😁😁 Sampai rumah langsung segera dibersihkan dengan air bersih...jangan lupa sebelumnya beri perasan jeruk nipis supaya tidak berbau amis dan tidak berbau lumpur ya.... Lalu bilas dengan air bersih beberapa kali. Sisihkan. Waktunya siapkan bahan bahan dan bumbu halus ya sahabat.... Apa saja sich bumbunya...??? Simak dibawah ini ya sahaba

Cara membuat botok udang ala Jawa timur Indonesia

Image
Botok udang bungkus daun pisang Assalamu'alaikum. Cara membuat botok udang ala Jawa timur Indonesia adalah judul dari artikel ini. Aku sengaja membuat botok udang ini untuk memenuhi keinginan dari suami aku. Yaitu makan nasi hangat dengan sayur menir atau sayur bayam dan ditambah lagi dengan menu botok udang di campur dengan irisan tempe. Penasaran? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai ya teman teman! Bumbu kelapa sebelum dicampur udang dan tempe Hari Sabtu adalah hari gajian bagi pekerja bengkel dan perusahaan yang menerapkan sistem gajian mingguan. Yaitu gajian di hari Sabtu. Pasar tradisional pun penuh dengan ibu ibu yang sedang melakukan aktivitas jual beli. Dan aku sibuk nyari bayam dan yang lainya serta nyari udang dan kelapa agak muda untuk di jadikan bahan botok udang. Dan tidak lupa tempe untuk campuran serta daun pisang untuk membungkus botok nanti. Oke. Sampai di rumah,aku mulai metikin bayam. Dan untuk sayur menir  klik link ini . Soalnya su

Cara membuat sambal tomat nendang banget rasanya...

Image
Sambal tomat maknyus Assalamu'alaikum. Sambal tomat maknyus adalah judul artikel ini. Sambal tomat ini sangat disukai oleh banyak orang. Terutama keluarga besarku. Sedap lho makan ramai-ramai bersama keluarga. Apalagi menu makanan yang disajikan ada sambal tomat maknyus nya.... hihihi Mampir disini: Sayur Sop  Cara membuat tempe bacem Ibuku adalah ibu rumah tangga seratus persen. Kerjanya setiap hari hanya melakukan kerjaan rumah tangga, seperti bersih bersih rumah,nyapu,ngepel,nyuci piring,nyuci baju, ngurusin anak anak dan yang terpenting adalah memasak setiap hari dan sehari tiga kali masak. Coba bayangkan saja.... Setiap hari masak tiga kali masak. Aku saja hanya sehari sekali masaknya rasanya sudah lelah. Bagaimana dengan ibu aku ya? Dengan anak lebih dari setengah lusin? Waduh... Pokoknya hebatlah ibu aku ini. Setiap hari masakan apa pun itu selalu ada yang namanya sambal tomat. Mau sayur menir, sayur Sop , sayur lodeh atau sayur bobor . Pastinya selalu ada sa

Sayur Sop. Sayur Yang Berkuah Bening,Segar!!!!

Image
Sayur Sop. Sayur Yang Berkuah Bening,Segaaarrrr!!! Cocok banget buat teman teman yang lagi vegetarian atau teman teman teman yang lagi diet. Pas banget. Sayur Sop. Mantap segarnya.... Sayur Sop Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu. Hai, teman-teman yang ada di belahan dunia manapun. Dalam artikel ini aku membagikan resep masakan Indonesia pilihan keluargaku. Mungkin diantara teman-teman ada yang belum bisa memasak sayur Sop. Ya.... Sayur Sop yang berkuah bening. Dan di daerah asalku yaitu Jawa timur. Ngawi tepatnya. Sayur Sop ini disebut juga dengan sayur bening. Karena warna kuahnya yang bening alias tidak bersantan. Sayur bening ini atau sayur Sop ini terbuat hanya dari sayur sayuran saja. Akan tetapi apabila suka boleh juga teman teman menambahkan bakso ayam atau bakso daging sapi yang di potong potong. Tetapi terkadang ada diantara teman teman yang tidak suka yang amis amis,jadi cukup sayuran saja sudah nikmat rasanya.  Penasaran bagaimana cara membuat

CARA MEMBUAT TEMPE MENDOAN DENGAN KRIUK KRIUK DAN GURIH

Image
Tempe mendoan goreng kriuk dan gurih Assalamu'alaikum. Apa kabar semuanya? Lama aku tidak menulis artikel di blog ini, alasannya aku lagi sibuk bikin ilustrasi desain teman teman di blog yang satunya lagi. Dan kali ini aku akan menulis artikel tentang tempe mendoan. Seperti di judul artikel diatas, yaitu cara membuat tempe mendoan yang kriuk kriuk dan gurih. Biasanya nich teman teman,suka dengan makanan atau camilan yang digoreng kering gitu dan apabila dimakan bunyi kriuk kriuk tapi empuk didalam. Apalagi kalau bukan MENDOAN. Pas masih baru dari penggorengan,masih hangat hangat,pas musim hujan seperti saat ini nich. Pas banget buat camilan dengan ditemani cabai rawit hijau wah.... mantap dan nikmat rasanya. Apalagi ada nadi hangat sepiring penuh...uhh... Ludes... Bisa bisa nambah lagi nich kayaknya.... hihihi.... Tempe mendoan! Nah.... Bagi teman teman yang suka banget dengan yang namanya mendoan ini,dan pingin bikin tempe mendoan sendiri,ikuti terus artikel yang membah