Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Manis

Jamu kunyit asam


Assalamu'alaikum. Hi, gaes...apa kabar? Pernahkah anda meminum jamu kunyit asam? Itu lho... Jamu Kunyit yang biasa dijual oleh mbak jamu gendong atau mbok jamu gendong. Dan sekarang banyak mbak jamu yang menjual jamunya memakai sepeda ontel alias sepeda goes. Nah... Artikel yang aku posting kali ini adalah cara membuat jamu kunyit asam manis. Selamat membaca artikel ini sampai selesai ya gaes.
Kunyit adalah bahan dasar untuk membuat jamu kunyit asam manis ini. Jamu kunyit asam ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Yang belum pernah meminum jamu kunyit ini silahkan mencoba membuat sendiri dirumah ya gaes. Gampang kok cara bikin jamu kunyit ini. Rasanya segar dan apabila Anda suka pasti anda bakalan ketagihan untuk membuat jamu ini lagi. Percaya dech.... Apalagi ditambah jeruk nipis. Uch.... Segar sekali!!!

Oke. Langsung saja ya gaes. Bagaimana cara membuat jamu kunyit asam manis ini? Lihatlah dibawah ini!

Bahan untuk membuat jamu kunyit asam manis adalah sebagai berikut:
  • Kunyit 4 sampai 6 biji kupas, cuci bersih dan parut
  • Asam Jawa setengah atau satu sendok makan makan  bijinya
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam sejumput
  • Gula kelapa atau gula merah sisir 1 sendok sampai 2 sendok makan
  • Air mendidih 2 atau 3 gelas sesuai kebutuhan


Cara membuat jamu kunyit asam manis adalah sebagai berikut ini:

  • Ambil panci yang ada air mendidih tadi
  • Masukkan parutan kunyit, aduk-aduk dan biarkan beberapa menit saja, jangan lama-lama nanti warnanya kurang bagus alias hitam.
  • Kemudian saring kunyit tersebut 
  • Tuang kedalam gelas
  • Tambahkan gula merah
  • Tambahkan garam
  • Tambahkan asem Jawa secukupnya
  • Tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya
  • Aduk aduk sampai gula larut
  • Biarkan hangat dan minum selagi hangat
  • Atau masukan kedalam kulkas jika Anda suka minum dingin. Dan minum  selagi dingin dari kulkas seperti diberi potongan batu es, jamu ini sangat menyegarkan diminum dingin-dingin disaat panas terik matahari menyinari bumi.
  • Cobain sendiri dirumah ya gaes... 


Begitulah cara membuat jamu kunyit asam manis seperti yang dijual oleh mbak jamu gendong yang banyak berjualan di pasar di pagi hari. Dan banyak juga dijual oleh mbak jamu yang naik sepeda ontel itu lho gaes. Rasanya.... Rasakan sendiri ya gaes. Nikmatnya. ... Nikmatin sendiri juga gaes. Kalau aku sih.... Oke banget!? Aku suka minum jamu kunyit asam ini dan aku sering bikin jamu kunyit ini. Kadang kadang apabila aku kagi haid sebagai perempuan tentu pernah merasa sakit perut disaat menstruasi tiba. Jamu kunyit asam manis seperti inilah obat untuk meredakan rasa nyeri haid tersebut. Jamu kunyit ini pun akan melancarkan haidku dan menghilangkan rasa sakit. Jadi.... Alhamdulillah badan jadi segar dan fit kembali.

Artikel yang lain:
cara membuat peyek kacang tanah

Pingin minum jamu kunyit asam manis yang seger dan enak bikinan tangan sendiri? Ikuti  resep membuat jamu kunyit asam yang telah aku posting ini. Jika kalian ingin meminum jamu kunyit ini setiap hari, kalian dapat membuatnya kapan saja. Belum pernah meminum jamu kunyit asam? Cobain bikin jamu kunyit asam sendiri saja yuk!

Sekian dulu postingan artikel cara membuat jamu kunyit asam kali ini. Bila Anda suka dengan artikel ini klik Subscribe diatas artikel ini dan berilah komentar Anda dibawah postingan artikel ini. Terima kasih sudah mampir disini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Akhir kata Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu. Bye bye....

Comments

Popular posts from this blog

SAYUR MENIR ALA JAWA TIMUR

RESEP SAYUR LODEH