Cara membuat dawet cincau instan

Assalamu'alaikum teman-teman. Postingan artikel terbaru kali ini adalah tentang resep cara membuat dawet cincau instan. Minuman dawet cincau yang segar dan menyegarkan tenggorokan Anda. Penasaran bagaimana cara bikin dawet enak banget ini? Baca terus artikel ini sampai selesai ya teman teman. Dan dapatkan resep cara membuat dawet ini gratis tis tis. Hihihi...

Baca juga: cara membuat jamu kunyit asam

Sebentar lagi adalah bulan romadhon. Yaitu bulan dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa ramadhan. Puasa ini hukumnya wajib bagi umat Islam dan apabila ditinggalkan hukumnya adalah dosa. Kecuali ada alasan tertentu dan wajib diganti pada waktu yang lain apabila terpaksa meninggalkannya.

Nah, waktu berbuka puasa dianjurkan untuk memakan dan minum yang manis manis lho teman. Itu dilakukan untuk mengembalikan stamina dan tenaga kita sewaktu berpuasa supaya kita tidak loyo alias lemes sahabat. Contoh minuman yang manis yaitu teh manis, sirup, susu kental manis, es buah, juz, kolek, es campur, dawet, cincau, dan lain sebagainya.

Dan, kali ini aku akan membagikan resep tentang cara membuat dawet. Dan kali ini dawet yang akan aku buat bahannya hanya sedikit dan gampang tapi rasanya... Mantap sahabat! Maka dari itu sahabat jangan malas masak dong... Yuk, bikin dawet bareng aku!
Oya teman teman, karena aku posisinya ada di Jakarta dan yang aku dapatkan dipasar tradisional adalah cincau, jadi aku akan buat dawet cincau. Karena biasanya dawet itu bentuknya panjang panjang dan bahanya dari tepung beras. Atau ada juga istilahnya dari jawa janggelan yang pewarna makanan hitam yang dipakai yaitu dari bahan merang. Sama seperti cincau gitu berwarna hitam. Dan kali ini aku beli cincau yang sudah jadi dipasar. Jadi.... Aku tinggal bikin kuah santannya sahabat. Yuk, disimak dulu bahan bahannya....

Bahan membuat minuman es dawet atau dawet adalah sebagai berikut:
  • Santan 1 ltr dari setengah butir kelapa yang besar 
  • Daun pandan 2 lembar cuci bersih dan potong menjadi 4 bagian
  • Gula pasir 250 gram
  • Vanili 1 bungkus kecil
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Cincau hitam taruh dalam wadah dan  gunakan pisau untuk memotong motong cincau supaya bentuknya menjadi kecil kecil dan taruh dalam kulkas
Setelah bahan sudah siap semua selanjutnya adalah membuat minuman dawet cincau instan yaitu dengan cara sebagai berikut:
  1. Masukkan santan dalam panci
  2. Tambahkan daun pandan
  3. Tambahkan garam
  4. Letakkan panci diatas kompor dengan api sedang
  5. Aduk aduk santan
  6. Setelah santan hampir mendidih tambahkan gula pasir aduk aduk
  7. Santan jangan sampai pecah
  8. Setelah mendidih masukkan vanili aduk lagi dan angkat
  9. Biarkan santan hilang uap panasnya dan masukkan dalam kulkas

Sebaiknya Membuat rebusan santan lakukan dipagi hari atau disiang hari. Dan letakkan dalam kulkas supaya dingin. Jadi apabila waktu buka puasa sudah tiba waktunya untuk berbuka hanya tinggal menyajikan satu sampai dua menit minuman dawet cincau ini sudah siap untuk dinikmati bersama keluarga Anda.

Bagaimana cara menyajikan dawet ini? Yaitu ikuti tips seperti dibawah ini:
  • Ambil gelas ukuran sedang 
  • Tuangkan sandan kedalam gelas ( aduk aduk dulu ya santannya sebelum dituang)
  • Kemudian tambahkan cincau yang sudah dipotong potong tadi
  • Dawet cincau sudah siap untuk dinikmati
  • Selamat mencoba!

Mampir disini: manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Oke. Sahabat dimana pun anda berada, Inilah Resep Membuat dawet instan dari Resep Dapure Susana kali ini. Dan apabila warna dawet mau kelihatan lebih menarik dan berwarna, kalian dapat berkreasi sendiri dengan menambahkan sirup Marjan atau pewarna makanan yang lainnya. Atau supaya isian dawet ada temannya... Kalian dapat menambahkan potongan roti tawar kedalam minuman dawet segar ini. Dan boleh banget ditambah dengan tape singkong apabila ada.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang cara membuat dawet ini, semoga bermanfaat bagi anda semua. Apabila Anda suka dengan artikel ini silahkan ikuti kami dengan cara klik Subscribe diatas artikel ini dengan begitu anda akan mendapatkan notifikasi postingan artikel terbaru selanjutnya. Sampai jumpa... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu.






Comments

Popular posts from this blog

SAYUR MENIR ALA JAWA TIMUR

RESEP SAYUR LODEH