Resep Membuat Botok Petai Cina Enak

Botok Petai Cina atau Lamtoro

Assalamu'alaikum. Hai, gaes. Dipostingan kali ini aku akan memberikan salah satu resep masakan orang Jawa gaes, yaitu Resep Membuat Botok Petai Cina Enak banget gaes. Sudah pernah makan belum gaes? Tentu sudah dong. Tahu bagaimana cara bikin botoknya? Gak tahu? Pingin tahu bagaimana cara bikin botok petai cina ini? Baca sampai selesai ya gaes artikel ini dan dapatkan resep membuat botok ini gaes,gratis! Hihihi 😁😋


Mampir disini dulu gaes:

cara membuat rujak serut untuk tujuh bulanan
manfaat jeruk nipis untuk kesehatan


Sebelumnya gaes, cari tahu dulu zat gizi apa saja sih yang terkandung didalam petai cina ini? Kok banyak orang Jawa yang suka banget makan petai cina ini gaes. Soalnya gaes, didaerah aku khusus Jawa timur ya gaes. Orang orang disana suka banget makan nasi dengan botok petai cina, kadang kadang pengolahannya dicampur dengan teri kan enak banget itu gaes. Dan seringnya pedagang makanan seperti lontong pecel dan pecel toppingnya selalu ada yang namanya petai cina ini gaes. Enak lho gaes. Ceplus ceplus dimulut. Pokoknya ada sensasi tersendiri gitu gaes. Trus ditambah lauknya pakai peyek kacang tanah gurih kriuk kriuk, emmmm sensasinya asik banget gaes. Nanti bisa dicoba sendiri ya gaes....



Kandungan zat gizi yang terdapat pada Petai Cina adalah sebagai berikut:

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C

Wow... Kandungan zat gizi pada Petai Cina atau Lamtoro (bahasa Jawa) sangat banyak dan penting banget untuk tubuh kita lho gaes. Oya petai cina ini juga dapat juga disebut kemlanding dari bahasa Jawa juga sih tapi lain daerah gaes. Mungkin di Indonesia ini setiap daerah berbeda-beda dalam penyebutannya. Tapi kalau aku sebut dengan istilah petai cina, ini mungkin senusantara tahu semua kali ya gaes. Oke gaes. Waktunya kita menyiapkan semua bahan dan bumbu untuk membuat Botok Petai Cina Enak ini gaes. Apa saja bahannya? Yuk, lihat dibawah ini!
Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Botok Petai Cina adalah:

  • Kelapa parut 1 buah kelapa agak muda
  • Tempat 6 cm
  • Petai cina 1 ons
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Tusuk gigi atau lidi
  • Tomat 1 buah

Bumbu halus untuk membuat Botok Petai Cina adalah:

  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Cabai merah keriting 4 buah
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Kencur 1/2 ruas jari
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Kengkuas 1 ruas jari
  • Daun salam 2 lembar
  • Gula merah secukupnya
  • Garam 1 1/2 sdt
  • Penyedap masakan secukupnya

Belajar tenses bahasa Inggris pemula: https://susanbelajar.blogspot.com

Setelah selesai menyiapkan bahan bahan beserta bumbu halus untuk membuat Botok Petai, sekarang waktunya kita eksekusi di TKP gaes alias dapur tempat memasak. Lanjut gaes....

Cara memasak botok atau membuat Botok Petai Cina adalah sebagai berikut gaes:


  • Pertama cuci petai cina dalam wadah sisihkan
  • Potong dadu tempe sisihkan dulu dalam wadah
  • Cuci bersih daun jeruk,daun salam, lengkuas, kunyit dan kencur
  • Siapkan layah
  • Masukkan garam
  • Masukkan penyedap masakan secukupnya
  • Masukkan cabai rawit dan cabai merah keriting 
  • Masukkan ketumbar, kunyit, lengkuas dan kencur
  • Kemudian ulek sampai lembut dan halus
  • Tambahkan bawang putih dan bawang merah ulek kembali
  • Tambahkan daun jeruk dan daun salam ulek supaya beraroma segar saja tidak perlu sampai lembut
  • Tambahkan gula merah, iris kecil-kecil kemudian haluskan
  • Setelah semua bumbu sudah halus kemudian masukkan kelapa parut
  • Masukkan juga petai cina
  • Masukkan tempe yang sudah dipotong dadu tadi
  • Masukkan tomat potong dadu
  • Aduk semua jadi satu hingga tercampur rata
  • Testimoni rasa dulu ya gaes... 
  • Bila ada yang dirasa kurang asin tambahkan garam
  • Bila dirasa terlalu pedas boleh ditambah gula merah
  • Setelah dirasa cukup cocok dilidah Botok Petai Cina ini siap untuk dibungkus dengan daun pisang gaes
  • Setelah dibungkus jangan lupa sematkan tusuk gigi atau lidi untuk menjaga supaya bungkusan botok tidak tumpah.
  • Dan bila semua sudah dibungkus maka botok petai cina siap untuk dikukus.
  • Siapkan panci pengukus,beri air secukupnya, masukkan semua bungkusan Botok Petai Cina tadi,tutup panci dan kukus kira kira 20 sampai 30 menit.
  • Sudah 20 menit atau 30 menit matikan kompor
  • Angkat bungkusan botok dan hidangkan dalam piring
  • Horreee..... Botok petai cina atau  botok lamtoro siap untuk disantap dengan nasi hangat.

Inilah Resep cara membuat botok petai cina enak atau cara membuat botok lamtoro ala orang Jawa. Jika kalian suka dengan resep masakan orang Indonesia yang sederhana tapi mak nyosss seperti ini, please... Ikuti terus blog  ini dengan cara Subscribe blog ini supaya kalian tidak ketinggalan update resep terbaru yang akan datang. Terima kasih gaes sudah berkunjung di Resep Dapure Susana. Kita kembali berjumpa nanti di artikel resep yang berikutnya. Wassalamu'alaikum gaes... Bye bye.. 













Comments

Popular posts from this blog

SAYUR MENIR ALA JAWA TIMUR

RESEP SAYUR LODEH